Jumat, 08 Juli 2011

RPP MATEMATIKA X BAB PANGKAT,AKAR DAN LOG

RPP MATEMATIKA X BAB PANGKAT,AKAR DAN LOG

SEKOLAH : SMAN 1 KUTOWINANGUN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : X(sepuluh)/I (satu)
MATERI POKOK : BENTUK PANGKAT, AKAR DAN LOGARITMA
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
PERTEMUAN KE- : 1(pertama)
Standar kompetensi
1.Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pangkat, akar dan logaritma.
Kompetensi dasar
1.1.Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma
Indikator
-Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
-Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
-Mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat positif dan sebaliknya
B. Materi Pembelajaran
BENTUK PANGKAT
Pangkat bulat positif
Perkalian beberapa nilai yang sama dapat dinyatakan dengan perpangkatan.
Defenisi :
a x a x a x a x … x a = a
n faktor
 an disebut bentuk perpangakatan
a disebut bilangan pokok
n disebut bilangan pangkat (eksponen)
Pangkat nol dan pangkat bulat negatif
Defenisi
a. Untuk setiap a bilangan real bukan nol, maka a0 = 1
b. Jika n bilangan bulat positif dan a bilangan real bukan nol maka :

C. Metode Pembelajaran :
  • - Ceramah
  • - Diskusi
  • - Tanya jawab

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (skenario pembelajaran)
Pendahuluan :
Apersepsi : - Mengingatkan kembali tentang pengertian pangkat dan logaritma
Motivasi : - Memberikan gambaran tentang manfaat materi ini pada bidang lain

Kegiatan inti :
1. Eksplorasi : - Menjelaskan defenisi perpangkat
- Menjelaskan sifat-sifat yang berlaku pada bilangan berpangkat
- Menjelaskan cara mengubah dari pangkat positif menjadi pangkat negatif dan sebaliknya
- Memberikan contoh soal tentang cara mengubah pangkat positif menjadi pangkat negatif dan sebaliknya

2. Konsolidasi pembelajaran
- Melakukan latihan menyelesaikan soal-soal tentang mengubah pangakat positif menjadi pangkat negatif dan sebaliknya
3. Pembentukan sikap dan perilaku
- Siswa menyadari eksistensi dan potensi diri.
- Siswa menggali informasi.
- Siswa mengolah informasi
Penutup
• Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
• Memberikan arahan untuk latihan

E. Penilaian
Jenis tagihan : - Quis
  • - Tugas individu
  • - Ulangan harian
Bentuk tagihan : - Jawaban singkat
  • - Essay tes
Alat penilaian
1. Selesaikan dengan menulis faktor perkaliannya.

Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.